Kamis, 20 Mei 2010

Puncak Garuda Merapi Lonsor, Status Merapi Masih Aktif Normal


Pandu Blog, Magelang- Puncak Garuda yang selama ini dibangga – banggakan, oleh para pendaki Gunung merapi, di Kabuapaten Magelang, Jawa Tengah, di ketahui telah hilang karena terjadi longsor di puncak Gunung Merapi.

Ahmad sopari, Petugas pengamat Gunung Merapi, membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, pengamatan terakhir terhadap puncak garuda di lakukan pada tanggal 4 Maret lalu, dan setelah itu cuaca di puncak, terjadi kabut tebal, sehingga tidak dapat dilakukan pengamatan.

Namun setelah beberapa hari kemudian, dan setelah dilakukan pengamatan, ternyata diketahui bahwa puncak garuda tersebut telah hilang.

“Kemudian pada tanggal 4 maret itu, untuk puncak garuda masih terlihat, setelah itu gunungnya selalu berkabut, pas tanggal 8 pagi, dilihat dari pos jrakah, untuk puncak garuda sudah tidak tampak,” Papar Ahmad Sopari yang ditemui di Pos Ngepos Magelang (19/05).

Bahkan untuk lebih menyakinkan keadaan Puncak garuda yang hilang itu, Tim Survei dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta juga melakukan pengecekan secara langsung.

“ kemudian untuk meyakinkan, kami dari BPPTK, melakukan pengecekan diatas, di puncak garuda bahwa benar, bahwa puncak garuda itu sudah longsor,” Tambah Ahmad Sopari.

Kendati puncak garuda longsor dan hilang, namun Ahmad Sopari memastikan, bahwa kondisi gunung merapi masih dalam status normal.

“Hal tersebut nampak dari, gempa vulkanik yang hingga saat ini juga tidak terjadi, kemudian kepulan asap sulvatara yang masih dalam ukuran normal, yakni antar 100 hingga 200 meter, artinya Merapi masih Normal,” Pungkasnya. (ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar