Jumat, 21 Mei 2010

Borobudur, Perburuan Teroris Tak Berpengaruh, Pasca Kisruh Thailand, Kunjungan wisata cenderung meningkat


Pandublog, Magelang- Maraknya perburuan teroris oleh Detasemen Khusus Anti Teror (Densus) 88 Mabes Polri, di beberapa daerah indonesia akhir – akhir ini, tidak membawa dampak bagi kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, utamanya ke candi Borobudur.

Sekretaris Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Bambang Subandono, mengatakan, bahwa hingga saat ini, pihaknya belum bisa memastikan dampak dari maraknya perburuan teroris oleh Densus 88 itu.

“Dampak itu kita nggak bisa langsung instan, hari ini kejadian besok terlihat, ini nanti bisa kita record setelah kejadian beberapa waktu yang akan datang, tapi dari deteksi kami, kalau pengaruh dari dampak kunjungan wisatawan asing kelihatannya masih kecil,” Jelas Bambang yang ditemui di Borobudur Jum'at (21/05) Malam.

Namun, menurut Bambang, akhir – akhir ini, terutama setelah ada Tragedi kerusuhan yang terjadi di Negara Thailad, kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Candi borobudur justru meningkat hingga 18%. Namun pihaknya juga tidak berani memastikan kenaikan kunjungan tersebut akibat imbas Kerusuhan Thailand atau bukan.

“Kejadian yang ada diluar negri seperti Thailand, itu malah berpengaruh baik di Indonesia, karena yang semula berkunjung ke Asia, karena thailand tidak bisa dikunjungi, pindahnya ke Kamboja dengan ke kita (Indonesia). kenaikannnya dari wisatawan asing sudah terlihat hingga 18% dibanding tahun yang lalu, namun kita belum bisa mengatakan itu dampak dari Thailand,” Tambah bambang.

Terpisah, Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Pujo Swarno, mengatakan, bahwa dampak, baik dari Teroris maupun Tragedi Thailand, baru akan terlihat pada Bulan depan.

“Mungkin bulan depan baru bisa kita lihat, namun data Harian di bulan mei ini memang menunjukan peningkatan, namun kita belum bisa mengatakan, apakah itu damapak long weekend, liburan sekolah atau dampak krisi politik di Thailand,” Jelas Pujo.(ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar